TAAM (Taman Asuh Anak
Muslim Usia 2 s.d. 4 Tahun) AVICENNA berada di bawah naungan LPPKS BKPRMI
dengan sistem belajar sambil bermain, sistem tersebut bertujuan untuk
mengembangkan potensi yang ada pada anak usia dini. Dalam hal ini guru sebagai
pendidik harus mampu memahami karakter pada setiap masing-masing anak. Waktu
kegiatan dilakukan dari jam 08.00 s.d. 10.00 WIB.
Proses
pembelajaran dilakukan dengan cara :
- Pembelajaran di awali dengan berbaris dihalaman dengan membaca do’a belajar bersama
- Klasikal, mlapalkan Al-Qur’an surat-surat pendek dan dio’a harian
- Kegiatan motorik halus seperti ; mewarnai, menggunting, melipat, menempel, menggambar, memindahkan air kedalam botol, puzzle, mengerjakan maze, menyusun balok.dll.
- Motorik kasar seperti; melompat, berlari, melempar dan menangkap bola, merangkak, dll.
- Pengenalan huruf hijaiyah dan alfabet, secara klasikal dan privat.
- Free test hapalan yang sudah disampaikan.
- Pendekekatan emosional anak dengan cara menanyakan kegiatan yang akan berlangsung dan kegiatan di rumah.
- Setiap hari Jum’at dibiasakan untuk belajar sholat dhuha bersama
KURIKULUM
DAN SENTRA YANG DIBUKA
KURIKULUM
PAUD TAAM TERPADU AVICENNA SURABAYA Memadukan antara kurikulum nasional
(Kemendikbud & Kemenag) dan adopsi BCCT (Beyond Center and Circle Time)
dari Florida, USA serta Kurikulum Taman Asuh Anak Muslim LPPKS BKPRMI.
Integrasi pendidikan keimanan dan ketaqwaan melalui sentra:
1.
SENTRA PERSIAPAN DAN SENTRA IBADAH
·
Memfasilitasi anak untuk
menstimulasi motorik halus; mengurutkan, mengklasifikasi, menyusun pola,
menyediakan tahap awal, menulis, membaca dan perlengkapan lain yang dirancang
khusus untuk memperkuat ketrampilan dan pengetahuan.
·
Mengenal dan membiasakan nilai-nilai
kehidupan beragama sejak dini, dengan materi pokok 6 aspek rukun Iman, 5 aspek
rukun Islam dan Ihsan.
2. SENTRA BALOK DAN SENTRA SENI
& KREATIFITAS
·
Sentra ini dirancang khusus bermain
balok. Bermain balok membantu mengembangkan potensi kecerdasan logika matematika
dan sains, juga dapat memecahkan masalahnya serta kestabilan perkembangan
emosinya.
·
Sentra Seni dan Kreatifitas
menekankan pada penggunaan bahan seni (lem, gunting, crayon, spidol, cat, papan
lukis, kertas warna, dan lain-lain) yang kemudian dikembangkan menjadi hasil
karya dan kreatifitas.
3. SENTRA BAHAN ALAM DAN BERMAIN
PERAN
·
Adalah sentra untuk mendukung
kebutuhan anak dengan bermain bahan sifat cair/bahan alam untuk mengenal alam
dan sifat-sifatnya. Hal ini membantu mengembangkan aspek-aspek potensi anak
melalui uji coba dan eksplorasi.
·
Sentra bermain peran (makro dan
mikro) membangun kerjasama, mengembangkan potensi kecerdasan dan psikososial
serta bahasa.
4. SENTRA MUSIK DAN OLAH TUBUH
·
Sentra ini menekankan pada pelatihan
kepekaan anak dengan bunyi-bunyian melalui iringan tangga nada, irama, birama
(ketukan) dengan media alat musik elektronik maupun tradisional dalam gerak dan
olah tubuh untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri, sehingga muncul asa,
etika, dan estetika.
SELURUH
KEGIATAN DI SENTRA TERINTEGRASI DENGAN IMTAQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar